Skip to main content

TIPS MENCARI LOWONGAN PEKERJAAN

CRAZYBLOG
Happy sunday teman-teman blogger... Minggu ini saya kan mengulas penuh buku JOB HUNTING karangan FEBE CHEN...

Kamu masih berstatus mahasiswa tapi pengen kerja part time? atau kamu baru lulus (fresh graduate) tapi belum juga dapet kerjaan? atau kamu udah kerja tapi pengen cari pekerjaan baru? atau...jangan-jangan di antara kamu ada yang barusan kena PHK ya?? dont worry be happy aja!!! karena, kalo gitu buku ini pas banget dong ama kamu. Karena buku ini menunya kompliiit banget sebagai panduan kamu dalam mencari kerja. Isinya itu ya mulai dari bagaimana cara menemukan lowongan pekerjaan dengan cepat dan sesuai dengan karakter dan kemampuan kamu, cara menyusun lamaran kerja dan CV (Curriculum Vitae/Daftar Riwayat Hidup)yang baik dan benar (tepat sasaran), cara menghadapi tes wawancara, cara memenangkan hati calon bos, dan cara supaya sukses lolos tes hingga dapat kerjaan yang kamu incar!!!

Pokoknya dijamin deh habis baca buku ini yang tadinya kamu yang ngejer-ngejer kerjaan, malah nanti kerjaan yang ngejer-ngejer kamu hehehe….

#kalo kamu gak bener-bener niat cari kerja, stop deh bacanya sampe sini. kalo niat ya lanjut brayyy!

"Pada dasarnya, job hunting adalah kegiatan trial & error, serta pengalaman kegagalan dalam dunia yang kompetitif. Ketika akhirnya berhasil mendaratkan kaki pada posisi yang diinginkan, job hunter terkadang menemukan bahwa pekerjaan yang diidamkan itu pun tidak cocok baginya. emang ada kemungkinan besar kita melakukan pekerjaan yang bukan panggilan kita." (Febe Chen).

Khusus edisi happy monday kali ini, saya mau sharing TIPS MENCARI BERITA LOWONGAN KERJA sepeti yang dikutif dari buku JOB HUNTING by FEBE CHEN, Chek this out!!!

1. Sebagai langah awal, kumpulkan beberapa koran sekaligus. jika kamu job hunter pemula, tindakan ini tentu dapat memperkaya wawasan kamu. telitilah dengan cermat semua iklan yang tampil di media cetak, termasuk majalah dan jawablah iklan yang sesuai dengan kualifikasi kamu.

2. Minta tolonglah kepada orang yang sudah berpengalaman untuk membantu menemukan iklan lowongan kerja yang sesuai dengan kapasitas kamu.

3. Bertanyalah kepada jaringan misalkan teman, keluarga, sudara, atau teman-teman yang ada di dunia maya.nah ini kejadian yang cukup miris karena menurut survei saya, ada sebagian orang yang malu untuk  mengaku bhwa ia sedang mencari kerjaan, entah karena alasan gengsi, minder de el el. Padahal dengan menginformasikan kepada orang-orang bahwa kamu sedang hunting job, maka ketika orang-orang tersebut mendapatkan info mengenai lowongan pekerjaan di tempat kerja mereka atau info dari temen mereka, kamu pasti orang pertama yang mendapat informasi tersebut. Jadi perluaslah jaringan dan beritahukan mereka bahwa kamu saat ini sedang hunting for a job.

4. Ketahuilah syaratnya dengan jelas. Misalnya kalau syarat seorang pramugari harus memiliki tinggi badan 160 cm dan tinggi kamu gak memenuhi,lupain aja. carilah bidang kerja yang sesuai dengan kpasitas kamu agar kamu gak kecewa nantinya.

5.Siapkan mental kamu jika pada iklan lowongan tercantum "bersedia ditempatkan di luar jawa' atau "bersedia melakukan perjalanan dinas'. Jika kamu tidak sanggup, mending kamu lewati aja kesempatan itu. tapi kalo kamu sanggup, yaaa siapkan hati untuk mengemban tanggung jawab itu.

6. Manfaatkanlah jejaring sosial.Walaupun jejaring sosial bukanlah teknologi baru, namun jejaring sosial sebagai wahana job hunting adalah suatu manfaat yang baru! Di masa kini, orang-orang banyak yang mendapat pekerjaan melalui berbagai situs jaringan. Caranya buatlah profil kamu dengan benar, antumkan resume kamu dengan jujur seperti data tentang pendidikan anda dan sejarah pekerjaan. Add semua kenalan kamu dan bergabunglah dngan jaringan profesional yang dapat membantu kamu memperoleh kerjaan. Siapa tau kamu temenan sama temennya temen, trus temennya temen kamu itu punya bapak/om/tante, trus kenalannya punya bos de el el, bisa jadi profile kamu ditemukan oleh si bos itu. dan gak sulit deh buat kamu bisa mendapatka pekerjaan itu..

7. Ikutilah headhunter yang bisa membantu kamu untuk menemukan pekerjaan apa yang pas buat kamu. Jadi setiap ada owongan pekerjaan yang sampai di redaksi head hunter, maka mereka akan menginformasikan kepada Anda tentang lowongan pekerjaan yang kira-kira cocok dengan kualifikasi kamu.

Well sekian dulu ya happy sunday kali ini, besok pagi ada lagi kok,, stay tone yaq!! Wassalamualaikum wr.wb.

yang mau interaktif bisa follow TL saya FB:Isni Hamdiana atau twitteer @izntdeanna...terimakasihh

Comments

Popular posts from this blog

OVERQUALIFIED: SALAH SATU ALASAN PENOLAKAN KERJA

CRAZYBLOG Hai blog walker!! Masih soal bukunya Febe Chen:JOB HUNTING!!! Tahukah kamu alasan penolakan kerja???? Salah satunya adalah mungkin kamu overqualified. Overqualified adalah suatu keadaan di mana kamu melamar pekerjaan yang tingkatannya di bawah kemampuan kamu, atau tidak sesuai dengan kemampuan kamu. Contohnya kamu sebelumnya bekerja sebagai manajer, lalu kamu melamar sebagai office boy, nah hasilnya adalah kamu menjadi pegawai yang terlalu “bermutu”. Meskipun kamu sanagt menginginkan pekerjaan tersebut, tapi tetap saja hal itu membuat pemeberi kerja merasa was-was. Kenapa? Ini dia jawabannya dikutip dari buku Job Hunting (Febe Chen). orang yang over qualified dikhawatirkan akan menjadi bosan dengan pekerjaan-pekerjaan di bawah standar kemampuannya. Atau ia punya banayak kelebihan dan skill disbanding pekerjaan sehari-hari yang dikerjakannya. Akibatnya adalah kebosanan, dan motivasi bekerja menjadi berkurang. gaji yang diberikan berada di bawa

Cerbung

16.24 Aku menunduk lemas.. persendianku bagaikan 2 kutub magnet yang sejenis : tolak-menolak dan tak mau saling terkait;atau ibarat dua benda sejenis yang ber-adhesi ria: tak semestinya. Tak ada kekuatan untuk mempertahankan tubuhku dari tarikan gravitasi. “Bruuuk!!!”. Aku ambruk, jatuh ke lantai, tapi dokter Ida segera membangunkanku dan membantuku duduk di sofa maroon : warna kesukaanku. Seharusnya aku tidak perlu jatuh, atau lebih tepatnya aku seharusnya duduk di depan dokter Ida : di balik meja. Tapi hasil test laboratorium yang ditunjukkan padaku bagai stimulant dahsyat yang membuat kakiku refleks memberikan daya dan gaya pada tubuhku untuk berdiri tegap : walau hanya sekejap, persis saat refeks hammer menyentuh bagian patella . Tak ayal, selembar visum et repertum yang ada di tanganku melayang lemah gemulai: perlahan tapi pasti. Ingin rasanya aku segera meremas benda tak berdosa itu, benda yang dulu menjadi lambang kebanggaanku kini menjadi lambang kedukaan bagiku. Ingin