Skip to main content

TIPS MENARIK SEPUTAR PONSEL ANDA

CRAZYBLOG
Selamat Siang, Selamat Hari Nyepi bagi Anda yang merayakannya....
Saya kembali lagi di hadapan teman-teman semua untuk berbagi informasi yang saya miliki. Kebetulan saya baru aja baca buku Bisnis Reparasi Ponsel karya Hidayat dkk. Ini dia informasinya untuk Anda semua.

Tips yang berkaitan dengan perawatan HP
  1. MEMBERSIHKAN BADAN PONSEL. Untuk membersihkan badan ponsel, gunakanlah bahan yang ringan dan halus seperti lap kaca mata. Jangan gunakan cairan yang keras seperti silicon.
  2. MENCEGAH PENCURIAN DATA. Salah satu yang harus diperhatikan untuk mencegah pencurian data di ponsel adalah bluetooh. Jangan memposisikan Bluetooth pada kondisi on terus. Sebaiknya Bluetooth hanya di posisi on pada saat diperlukan saja, setelah itu kondisikan ke posisi off lagi. Hal ini untuk menjaga pencurian data pada ponsel.
  3. MERAWAT CHARGER PONSEL. Perawatan charger ponsel biasanya disepelekan bagi pengguna ponsel. Kesalahan uyang dilakukan dalam penggunaan charger pada umumnya adalah selalu menghubungkan charger secara terus-menerus ke stop kontak meskipun ponsel sudah tidak sedang diisi lagi. Hal ini dapat membuat charger menjadi cepat rusak. Saat mencharger ponsel, sebaiknya jangan sampai terlalu lama, perhatikan kestabilan tegangan listrik dan usahakan agar lilitan kabel tidak berbveli-belit. Selain itu yang terpenting adalah menggunakan charger orisinil karena selain tahan lama juga sangat baik untuk menjaga ponsel dari kerusakan-kerusakan.
  1. MEMPERPANJANG UMUR BATERAI. Merawat baterai ponsel memnag sangta penting, baterai yang tiba-tiba habis akan sangat mengganggu kenyamanan. Seringkali indicator baterai menunjukkan kondisi penuh tetapi secara mendadak baterai habis. Ada beberap0a hal yang harus diperhatikan dalam perawatan baterai. Apabila jenis baterai Litium (Li-ion), harus menunggu sampai baterai benar-benar habis. Berikut adalah beberapa hal yang bias dilakukan untuk menjaga agar baterai tidak cepat habis, yaitu sebagai berikut.jangan menaruh ponsel dekat dengan brang-barang elektronik yang mengeluarkan medan elektronik tinggi, seperti televise, oven, lemari es, dan lain-lain karena dapat mennganggu kinerja komponen pada ponsel.
-          Jangan mematikan dan menghidupkan ponsel secara terus-menerus dalam waktu yang singkat karena saat ponsel dinyalakan secara otomatis ponsel akan mencari jaringan operator. Hal tersebut akan memakan energi baterai setara dengan satu jam waktu stand by
-          Sebaiknya matikan ponsel jika berada di sebuah tempat yang sulit untuk mendapatkan sinyal. Apabila ponsel terus diaktifkan, ponsel akan terus –menerusmencari sinyal. Hal ini kan membeuat energi baterai ponsel terkuras.
-          Saat berada di tempat yang sangat terpencil, gunakan repeater ponsel  untuk memperkuat penangkapan sinyal.
-          Matikan semua fitur suara yang todak penting dan jangan birkan aktif sepanjang hari
-          Jangan aktifkan ringtone dan fitur getar sekaligus karena cukup menguras energi baterai. Oleh karena itu aktifkan salah satunya saja.
-          Kurangi brightness layer ponsel hingga 50% agar energi baterai yang terpakai lebih hemat.
-          Matikan Bluetooth jika tidak digunakan. Bluetooth yang aktif akan menguras energi baterai ponsel lebih cepat.
-          Sama halnya  seperti bluetooh, matikan juga fitur infrared jika tidak digunakan.
-          Matikan aplikasi-aplikasi lain yang tidak digunakan.
-          Letakkan ponsel di tempatyang temperaturnya normal sehingga tidak terjadi kerusakan akibat suhu yang terlalu tinggi atau rendah
-          Segera cabut charger dari ponsel jika baterai sudah penuh
-          Cas baterai sampai penuh dan segera isi ulang baterai jika memang sudah habis.
-          Atusr settingan backlight, jangan biarkan durasi nyalanya terlalu lama, cukup 5-15 detik saja.
  1. MERAWAT LCD PONSEL. LCD termasuk komponen yang rentan terhadap kerusakan. LCD mudah seekali rusak dan  cacat apabila tersenggol atau jatuh. Untuk mencegah terjadinya kerusakan pada LCD ponsel, sebaiknya dilakukanlah perawatan yang baik dan benar. Berikut beberapa tips perawatan LCD ponsel
-          jika ponsel masih dalam masa garansi, janagn lakukan modifikasi pada ponsel, seperti mengganti lampu LCD. Jika anda melkukan modifikasi, akan menyebabkan kerusakan yang serius pada ponsel.
-          Penggunaan ponsel yang sudah terlalu lama dapat menyebabkan gangguan pada LCD. Sebelum terlanjur parah, gantilah contact LCD nya
-          Usahakan untuk menghindari terjadinya guncangan pada ponsel. Guncangan yang terlalu sering dapat menyebabkan contack LCD bergeser dan akhirnya lecet.
-          Jangan memasukkan ponsel ke dalam tas yang terlampau penuh. Hal ini akan menyebabkan terjadinya tekanan pada ponsel sehingga akan mengeluarkan cairan pada LCD. Jika hal itu sampai terjadi maka gambar pada ponsel tidak akan muncul.
-          Jangan sampai terlalau lama terkena pancaran sinar matahari karena dapat mengurangi kinerja kualitas Kristal LCD
-          JANGAN MELETAKKAN PONSEL PADA TEMPAT YANG terlalu dingin karena dapat menurunkan kerja LCD
-          Pilihlah casing yang pas. Casing yang tidak pas pada tempatnya akan mebuat LCD tertekan sehingga dapat menyebabkan LCD menjadi rusak.
-          Hati-hati denganjarak kaca cahing dengan LCD di dalam sebaiknya jangan terlalu dekat.
  1. TIPS MEMBELI HANDPHONE SECOND
-          cek kelengkapan ponsel
-          cek semua kondisi luar ponsel
-          cek kondisi bagian sinyal, yaitu pertama lakukan pengujian dengan melakukan panggilan dan perhatikan indicator sinya yang ada pada LCD. Jika kondisinya bagus maka indicator sinyal tidak turun. Kedua, masuk ke menu pengaturan ponsel, pilih pengaturan jaringan, pilih manual dan tunggu beberapa saat sampai semua operator terdeteksi maka kondisi bagiann sinyalnya bias dikatakan masih bagus.,
-          cek semua fitur ponsel (kamera, Bluetooth, radio, infra red, wifi, MMC atau semua fitur yang ada)
-          cek kondisi pengisisan baterai dengan memasang chargernya
-          cek kondisi kinerja dari processor ponsel (tekan keypad secara cepat dengan menggunakan kedua tangan anda, perhatikan saat anda berhenti menekan keypad. Jika tampilan angka pada LCD langsung berhenti maka ponsel daslam kondisi baik).
-          Cek bagian speaker dan microphone dengan melkakukan panggilan ke nomor ponsel lain.

Sumber: Hidayat, dkk. 2009. Bisnis Reparasi Ponsel. Jakarta: Pneebar Plus

Comments

Popular posts from this blog

OVERQUALIFIED: SALAH SATU ALASAN PENOLAKAN KERJA

CRAZYBLOG Hai blog walker!! Masih soal bukunya Febe Chen:JOB HUNTING!!! Tahukah kamu alasan penolakan kerja???? Salah satunya adalah mungkin kamu overqualified. Overqualified adalah suatu keadaan di mana kamu melamar pekerjaan yang tingkatannya di bawah kemampuan kamu, atau tidak sesuai dengan kemampuan kamu. Contohnya kamu sebelumnya bekerja sebagai manajer, lalu kamu melamar sebagai office boy, nah hasilnya adalah kamu menjadi pegawai yang terlalu “bermutu”. Meskipun kamu sanagt menginginkan pekerjaan tersebut, tapi tetap saja hal itu membuat pemeberi kerja merasa was-was. Kenapa? Ini dia jawabannya dikutip dari buku Job Hunting (Febe Chen). orang yang over qualified dikhawatirkan akan menjadi bosan dengan pekerjaan-pekerjaan di bawah standar kemampuannya. Atau ia punya banayak kelebihan dan skill disbanding pekerjaan sehari-hari yang dikerjakannya. Akibatnya adalah kebosanan, dan motivasi bekerja menjadi berkurang. gaji yang diberikan berada di bawa

Cerbung

16.24 Aku menunduk lemas.. persendianku bagaikan 2 kutub magnet yang sejenis : tolak-menolak dan tak mau saling terkait;atau ibarat dua benda sejenis yang ber-adhesi ria: tak semestinya. Tak ada kekuatan untuk mempertahankan tubuhku dari tarikan gravitasi. “Bruuuk!!!”. Aku ambruk, jatuh ke lantai, tapi dokter Ida segera membangunkanku dan membantuku duduk di sofa maroon : warna kesukaanku. Seharusnya aku tidak perlu jatuh, atau lebih tepatnya aku seharusnya duduk di depan dokter Ida : di balik meja. Tapi hasil test laboratorium yang ditunjukkan padaku bagai stimulant dahsyat yang membuat kakiku refleks memberikan daya dan gaya pada tubuhku untuk berdiri tegap : walau hanya sekejap, persis saat refeks hammer menyentuh bagian patella . Tak ayal, selembar visum et repertum yang ada di tanganku melayang lemah gemulai: perlahan tapi pasti. Ingin rasanya aku segera meremas benda tak berdosa itu, benda yang dulu menjadi lambang kebanggaanku kini menjadi lambang kedukaan bagiku. Ingin