Skip to main content

Beberapa Hal yang Harus diperhatikan Sebelum Anda Melamar Kerja

CRAZYBLOG

Pada saat Anda membaca suatu iklan lowongan pekerjaan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda bermaksud untuk mengirim surat lamaran kerja, yaitu:
1.       Identitas perusahaan
Bila Anda cermati pada bagian awal dari iklan lowongan pekerjaan, Anda akan memperoleh informasi penting tentang perusahaan yang edang mencari karyawan tersebut, berupa:
a.      Nama perusahaan
Nama perusahaan menunjukkan bahwa perusahaan tersebut merupakan perusahaan kecil, menengah, besar, regional, nasional, asing, ataupun patungan. Dari nama perusahaan, juga dapat diketahui kredibilitas perusahaan itu di dalam masyarakat. Perusahaan yang berskala nasional  atau internasional biasanya sudah tidak asing di masyarakat karena produk atau jasa mereka sudah sangat terkenal.
b.      Bidang usaha perusahaan
Bidang usaha perusahaan dapat dikategorikan sebagai: industry/ pabrik/ manufaktur, pengecer/ distributor/ penyalur/ keuangan/ perbankan/, perkebunan, perhotelan, berbagai jasa seperti konsultan, biro perjalanan atau lembaga lainnya. Pertanyaan yang perlu Anda jawab adalah: JENIS USAHA APAKAH YANG ANDA MINATI UNTUK MENITI KARIR ANDA?
c.       Lokasi kantor atau tempat perusahaan beroperasi

2.      Posisi atau jabatan yang ditawarkan
Jabatan di suatu perusahaan berkaitan dengan tugas, tanggung jawab dan wewenang calon karyawan yang akan mengisi jabatan tersebut.
Pertanyaan yang perlu Anda pikirkan: APAKAH ANDA MEMILIKI KEMAMPUAN ATAU KUALIFIKASI YANG SESUAI UNTUK MENGISI JABATAN ATAU PEKERJAAN TERSEBUT?
Pertimbangkan akan bidang ilmu  pengetahuan, training, kursus, atau latihan tertentu serta pengalaman kerja yang Anda miliki dapat membantu Anda dalam menentukan jabatan atau pekerjaan yang akan Anda isi atau lamar di suatu perusahaan. Anda tentu tidak akan melamar pekerjaan sebaga insinyur bangunan bila Anda hanya seorang sarjana hokum, atau Anda sebaiknya tidak melamar pekerjaan sebagai dokter bila Anda mengAndalkan lulusan ekonomi. Di samping itu minat dan bakat yang Anda miliki sangat menentukan jenis pekerjaan yang akan Anda geluti.

3.      Persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan sehubungan dengan jabatan yang ditawarkan, meliputi:
4.      Dokumen-dokumen resmi yang diminta oleh perusahaan dalam surat lamaran kerja. Beberapa dokumen yang perlu disertakan dalam surat lamaran kerja meliputi:
a.      Jenis kelamin
Apakah lowongan pekerjaan dibuka untuk pria saja, wanita saja, atau kedua-duanya?
b.      Usia
Apakah usia Anda masih dalam rentang yang disyaratkan?
c.       Status pernikahan
Status pernikahan menyangkut persyaratan apakah pekerjaan ditawarkan bagi yang sudah menikah atau belum menikah?
d.      Pendidikan
Apakah Anda memiliki latar belakang ilmu pendidikan yang sesuai dengan persyaratan?
e.      Pengalaman kerja
Apakah Anda memiliki pengalaman kerja yang cukup memadai dengan persyaratan yang dikehendaki?
Bila perlu Anda berikan bukti salinan surat keterangan yang menyatakan bahwa Anda pernah bekerja selama beberapa tahun pada bidang yang relevan
f.        Kondisi fisik
Apakah Anda memenuhi syarat-syarat fisik yang ditentukan oleh perusahaan yang bersangkutan?
Bila di dalam iklan lowongan pekerjaan dicantumkan tinggi badan minimum tertentu tapi pada kenyataannya tinggi badan Anda di bawah nilai tersebut, maka sebaiknya Anda tidak melamar pekerjaan tersebut karena hanya akan membuang biaya, waktu, dan tenaga Anda. Beberapa persyaratan yang mungkin tidak bisa ditawar berhubungan dengan kondisi fisik seperti tidak berkaca mata, tidak buta warna, atau tinggi badan tertentu.
g.      Keterampilan lain
Apakah Anda memiliki keterampilan atau keahlian lain yang dibutuhkan perusahaan? Beberapa lowongan pekerjaan mensyaratkan calon karyawan mampu mengemudikan mobil, mampu berkomunikasi dalam bahasa asing tertentu atau mengoperasikan suatu program komputer.
h.     Kesanggupan
Apakah Anda bersedia memenuhi permintaan tertentu dari perusahaan, misalnya melakukan perjalanan bisnis ke luar kota (travelling), ikatan dinas, tidak menikah untuk jangka waktu tertentu, atau kerja shift hingga larut malam?
5.      Dokumen-dokumen resmi yang diminta oleh perusahaan dalam surat lamaran kerja. Beberapa dokumen yang perlu disertakan dalam surat lamaran kerja meliputi:
a.      Daftar riwayat hidup atau curriculum vitae
b.      Sertifikat atau ijazah pendidikan
c.       Transkrip nilai
d.      Copy KTP
e.      Surat keterangan pengalaman kerja
f.        Surat keterangan kelakuan baik (SKKB/SKCK) dari kepolisian
g.      Surat keterangan berbadan sehat dari dokter
h.     Surat referensi dari orang lain, rekan kerja, atau mantan atasan Anda sebelumnya (bila diminta)

6.      Nama dan alamat surat perusahaan

7.      Tanggal penutupan lamaran kerja
Bila Anda tertarik dan merasa meiliki kemampuan terhadap posisi yang ditawarkan dalam iklan lowongan kerja, maka Anda harus kirimkan surat lamaran kerja secepat mungkin sehingga bias diterima oleh perusahaan pada saat yang tepat.

Sumber: Istiyanto. 1999. Tujuh Proses Seleksi Karyawan. Jogjakarta: Universitas Atma Jaya Jogjakarta.


Comments

Albee said…
contoh daftar riwayat hidup harus diperhatikan ya, jangan sampai sulit dibaca sama HR. keren nih thanks gan.

Popular posts from this blog

OVERQUALIFIED: SALAH SATU ALASAN PENOLAKAN KERJA

CRAZYBLOG Hai blog walker!! Masih soal bukunya Febe Chen:JOB HUNTING!!! Tahukah kamu alasan penolakan kerja???? Salah satunya adalah mungkin kamu overqualified. Overqualified adalah suatu keadaan di mana kamu melamar pekerjaan yang tingkatannya di bawah kemampuan kamu, atau tidak sesuai dengan kemampuan kamu. Contohnya kamu sebelumnya bekerja sebagai manajer, lalu kamu melamar sebagai office boy, nah hasilnya adalah kamu menjadi pegawai yang terlalu “bermutu”. Meskipun kamu sanagt menginginkan pekerjaan tersebut, tapi tetap saja hal itu membuat pemeberi kerja merasa was-was. Kenapa? Ini dia jawabannya dikutip dari buku Job Hunting (Febe Chen). orang yang over qualified dikhawatirkan akan menjadi bosan dengan pekerjaan-pekerjaan di bawah standar kemampuannya. Atau ia punya banayak kelebihan dan skill disbanding pekerjaan sehari-hari yang dikerjakannya. Akibatnya adalah kebosanan, dan motivasi bekerja menjadi berkurang. gaji yang diberikan berada di bawa

Cerbung

16.24 Aku menunduk lemas.. persendianku bagaikan 2 kutub magnet yang sejenis : tolak-menolak dan tak mau saling terkait;atau ibarat dua benda sejenis yang ber-adhesi ria: tak semestinya. Tak ada kekuatan untuk mempertahankan tubuhku dari tarikan gravitasi. “Bruuuk!!!”. Aku ambruk, jatuh ke lantai, tapi dokter Ida segera membangunkanku dan membantuku duduk di sofa maroon : warna kesukaanku. Seharusnya aku tidak perlu jatuh, atau lebih tepatnya aku seharusnya duduk di depan dokter Ida : di balik meja. Tapi hasil test laboratorium yang ditunjukkan padaku bagai stimulant dahsyat yang membuat kakiku refleks memberikan daya dan gaya pada tubuhku untuk berdiri tegap : walau hanya sekejap, persis saat refeks hammer menyentuh bagian patella . Tak ayal, selembar visum et repertum yang ada di tanganku melayang lemah gemulai: perlahan tapi pasti. Ingin rasanya aku segera meremas benda tak berdosa itu, benda yang dulu menjadi lambang kebanggaanku kini menjadi lambang kedukaan bagiku. Ingin