CRAZYBLOG
Pada saat Anda membaca suatu iklan lowongan pekerjaan, ada
beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda bermaksud untuk mengirim
surat lamaran kerja, yaitu:
1.
Identitas perusahaan
Bila
Anda cermati pada bagian awal dari iklan lowongan pekerjaan, Anda akan
memperoleh informasi penting tentang perusahaan yang edang mencari karyawan
tersebut, berupa:
a.
Nama perusahaan
Nama
perusahaan menunjukkan bahwa perusahaan tersebut merupakan perusahaan kecil,
menengah, besar, regional, nasional, asing, ataupun patungan. Dari nama
perusahaan, juga dapat diketahui kredibilitas perusahaan itu di dalam
masyarakat. Perusahaan yang berskala nasional
atau internasional biasanya sudah tidak asing di masyarakat karena
produk atau jasa mereka sudah sangat terkenal.
b.
Bidang usaha perusahaan
Bidang
usaha perusahaan dapat dikategorikan sebagai: industry/ pabrik/ manufaktur, pengecer/
distributor/ penyalur/ keuangan/ perbankan/, perkebunan, perhotelan, berbagai
jasa seperti konsultan, biro perjalanan atau lembaga lainnya. Pertanyaan yang
perlu Anda jawab adalah: JENIS USAHA APAKAH YANG ANDA MINATI UNTUK MENITI KARIR
ANDA?
c.
Lokasi kantor atau tempat perusahaan beroperasi
2.
Posisi atau jabatan yang ditawarkan
Jabatan
di suatu perusahaan berkaitan dengan tugas, tanggung jawab dan wewenang calon
karyawan yang akan mengisi jabatan tersebut.
Pertanyaan
yang perlu Anda pikirkan: APAKAH ANDA MEMILIKI KEMAMPUAN ATAU KUALIFIKASI YANG
SESUAI UNTUK MENGISI JABATAN ATAU PEKERJAAN TERSEBUT?
Pertimbangkan
akan bidang ilmu pengetahuan, training,
kursus, atau latihan tertentu serta pengalaman kerja yang Anda miliki dapat
membantu Anda dalam menentukan jabatan atau pekerjaan yang akan Anda isi atau
lamar di suatu perusahaan. Anda tentu tidak akan melamar pekerjaan sebaga
insinyur bangunan bila Anda hanya seorang sarjana hokum, atau Anda sebaiknya
tidak melamar pekerjaan sebagai dokter bila Anda mengAndalkan lulusan ekonomi. Di
samping itu minat dan bakat yang Anda miliki sangat menentukan jenis pekerjaan
yang akan Anda geluti.
3.
Persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan
sehubungan dengan jabatan yang ditawarkan, meliputi:
4.
Dokumen-dokumen resmi yang diminta oleh
perusahaan dalam surat lamaran kerja. Beberapa dokumen yang perlu disertakan
dalam surat lamaran kerja meliputi:
a.
Jenis kelamin
Apakah
lowongan pekerjaan dibuka untuk pria saja, wanita saja, atau kedua-duanya?
b.
Usia
Apakah
usia Anda masih dalam rentang yang disyaratkan?
c.
Status pernikahan
Status
pernikahan menyangkut persyaratan apakah pekerjaan ditawarkan bagi yang sudah
menikah atau belum menikah?
d.
Pendidikan
Apakah
Anda memiliki latar belakang ilmu pendidikan yang sesuai dengan persyaratan?
e.
Pengalaman kerja
Apakah
Anda memiliki pengalaman kerja yang cukup memadai dengan persyaratan yang
dikehendaki?
Bila
perlu Anda berikan bukti salinan surat keterangan yang menyatakan bahwa Anda
pernah bekerja selama beberapa tahun pada bidang yang relevan
f.
Kondisi fisik
Apakah
Anda memenuhi syarat-syarat fisik yang ditentukan oleh perusahaan yang
bersangkutan?
Bila
di dalam iklan lowongan pekerjaan dicantumkan tinggi badan minimum tertentu
tapi pada kenyataannya tinggi badan Anda di bawah nilai tersebut, maka
sebaiknya Anda tidak melamar pekerjaan tersebut karena hanya akan membuang
biaya, waktu, dan tenaga Anda. Beberapa persyaratan yang mungkin tidak bisa ditawar
berhubungan dengan kondisi fisik seperti tidak berkaca mata, tidak buta warna,
atau tinggi badan tertentu.
g.
Keterampilan lain
Apakah
Anda memiliki keterampilan atau keahlian lain yang dibutuhkan perusahaan? Beberapa
lowongan pekerjaan mensyaratkan calon karyawan mampu mengemudikan mobil, mampu
berkomunikasi dalam bahasa asing tertentu atau mengoperasikan suatu program komputer.
h.
Kesanggupan
Apakah
Anda bersedia memenuhi permintaan tertentu dari perusahaan, misalnya melakukan
perjalanan bisnis ke luar kota (travelling), ikatan dinas, tidak menikah untuk
jangka waktu tertentu, atau kerja shift hingga larut malam?
5.
Dokumen-dokumen resmi yang diminta oleh
perusahaan dalam surat lamaran kerja. Beberapa dokumen yang perlu disertakan
dalam surat lamaran kerja meliputi:
a.
Daftar riwayat hidup atau curriculum vitae
b.
Sertifikat atau ijazah pendidikan
c.
Transkrip nilai
d.
Copy KTP
e.
Surat keterangan pengalaman kerja
f.
Surat keterangan kelakuan baik (SKKB/SKCK) dari
kepolisian
g.
Surat keterangan berbadan sehat dari dokter
h.
Surat referensi dari orang lain, rekan kerja,
atau mantan atasan Anda sebelumnya (bila diminta)
6.
Nama dan alamat surat perusahaan
7.
Tanggal penutupan lamaran kerja
Bila Anda
tertarik dan merasa meiliki kemampuan terhadap posisi yang ditawarkan dalam
iklan lowongan kerja, maka Anda harus kirimkan surat lamaran kerja secepat
mungkin sehingga bias diterima oleh perusahaan pada saat yang tepat.
Sumber:
Istiyanto. 1999. Tujuh Proses Seleksi Karyawan. Jogjakarta: Universitas Atma
Jaya Jogjakarta.
Comments